SELAMAT DATANG DI DUNIA SAYA

Dunia saya adalah tentang apa yang saya sukai dan menyukai saya;...

Selasa, 07 Agustus 2012

Ketergantungan

Anda mungkin sangat mengenal kisah antara kerbau dan burung pipit. Karena jaman saya dahulu sudah mengenal kisah ini sejak kelas 3 SD pelajaran IPA. Simbiosis mutualisme sebuah proses saling menguntungkan.

Pernahkah Anda secara tiba-tiba melupakan sesuatu atau beberapa hal secara mendadak? Seperti kemarin pagi, dengan tiba-tiba saya lupa pin ATM saya sendiri. Sangat mengherankan. Padahal beberapa hari sebelumnya saya sudah melakukan transaksi dengan ATM tersebut. Sehingga terpaksa saya harus mengganti ATM saya karena sudah tidak bisa dipakai. Ada lagi kisah yang sangat mengejutkan saat berwudhu tiba-tiba saya lupa urutannya, padahal saya setiap hari pun melakukannya. Sejak saat itu saya mulai menjauhi komputer dan hal tak penting. sehingga pikiran jadi lebih santai.

Ketergantungan terhadap media on line seperti FB dan sebagainya, sepertinya sudah sangat umum. Karena hampir sebagian anak muda, orang tua sekalipun memiliki akun di FB. Namun secara tidak sadar apa yang terjadi di FB pun mampu mempengaruhi jalan pikiran kita. Seperti halnya saat kita membaca berbagai ragam postingan baik status, note, foto ataupun perdebatan baik positif ataupun negatif, baik ringan hingga filsafat dan politik. Secara langsung ataupun tidak hal-hal tersebut akan menambah beban pikiran kita sendiri yang pada dasarnya memang sudah terlalu banyak bahan yang harus dipikirkan.

Sehingga sebaiknya kita mulai memilah mana yang penting dan tidak buat kita. Terkadang kita berpikir memiliki akun facebook sekedar untuk mendapatkan hiburan dan refreshing. Kalau secara tiba-tiba kita justru menjadi merasa kesal terhadap sesuatu yang ada di dalamnya. Maka facebook bukan lagi menjadi sarana hiburan. Dan menurut saya bukan hanya dari FB saja. Masih banyak media on line lainya.

Seseorang yang paling dekat dengan saya selalu mengingatkan, "... Gunakan media tersebut seperlunya." Meskipun media tersebut juga sudah banyak membantu banyak kalangan misalnya untuk pemasaran barang atau sekedarmencari teman. Maka pandai-pandailah menjaga pikiran dan menempatkan sesuatu media pada tempatnya.


MK.Gumelar 07/08/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar